Monday, March 23, 2009

Buku : TRANSFORMASI - Dari Kepompong ke Langit Biru

Menurut seorang tokoh di bidang psikologi, Gilmore, gambar diri seseorang terkait erat dengan gambaran tentang dunia tempat ia hidup. Ia mengungkapkan ada empat tipe gambaran orang tentang dunia.

Tipe pertama, mereka yang mempersepsikan dunia adalah mal atau taman bermain, ditandai dengan curahan perhatian mereka untuk hal-hal yang berkenaan dengan perilaku, kehangatan emosi, atau relasi manusiawi.

Tipe kedua, adalah orang-orang yang mempersepsikan dunia adalah rimba yang penuh ancaman, sehingga mereka yang termasuk didalamnya cenderung memfokuskan upayanya pada hal-hal yang berupa data, analisis, keteraturan serta keamanan.

Kemudian tipe ketiga, yaitu orang-orang yang selalu meletakkan upayanya untuk mencari solusi dan tindakan terhadap berbagai masalah atau tantangan yang mereka lihat, tipe ini memiliki gambaran dunia adalah arena.

Yang terakhir, adalah orang-orang yang cenderung menggunakan upaya terutama untuk hal-hal yang abstrak, gagasan yang luas, prinsip-prinsip dan idealisme, tipe ini memandang dunia adalah jalan ziarah.
Bagaimana seseorang mempersepsikan dunianya, akan mempengaruhi caranya berhubungan dan menunjukkan peran yang dihayatinya.

Pendekatan tentang gambar diri di atas adalah satu dari sekian kajian yang dikupas dalam buku berjudul TRANSFORMASI ini. Berangkat dari kenyataaan bahwa tak seorang pun sebenarnya ingin gagal dalam hidup, buku berjudul TRANSFORMASI mengajak kita meneliti dan mengetahui upaya mentransformasi diri dalam upaya bertumbuh secara utuh.

Untuk melakukan proses transformasi ini, pembaca diajak untuk memetakan dan memaknai urutan dan rangkaian peristiwa di dalam hidupnya, tanpa menutup mata akan berbagai intervensi TUHAN di dalam sejarah hidupnya tersebut. Selanjutnya, setiap pribadi dimampukan untuk meneliti tata nilai, gambar diri, kebutuhan, peran, dan keselarasan dari perpaduan faktor-faktor dalam diri dan gaya kerjanya atau kompetensinya. Untuk meneliti masa depannya, seseorang diajak menentukan visi, misi pribadi atau ambisinya.
Dukungan alat-alat kerja di dalam buku ini, Skema Riwayat Hidup dan ilustrasi berupaya memperjelas dan menuntun pembaca melakukan transformasi. - AN

Anda bisa mendapatkan buku ini dengan menghubungi staf kami di No. 021-30044994 atau e-mail di ylinstitute@gmail.com

Regards,
YLI's team

No comments:

Post a Comment

Hi all
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me a comment about this post